Contoh Penyusunan Laporan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Guru
Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang guru dan dosen mengamanatkan bahwa guru wajib meningkatkan kualifikasi akademiknya dan kompetensinya secara terus menerus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Sejalan dengan hal tersebut menurut PermenPAN&RB No.16 tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Pada peraturan tersebut mengatakan bahwa jabatan fungsional guru saat ini menjadi jabatan ahli.
Pengembangan karier guru untuk dapat naik pangkat setingkat lebih tinggi pada unsur utama disyaratkan yang merupakan kewajiban harus melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berupa kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Untuk memenuhi unsur tersebut maka guru harus melakukan dan mengikuti berbagai kegiatan untuk memenuhi persyaratan dan kewajiban dalam penilaian kinerja guru agar guru dapat memperoleh nilai kinerja dan angka kredit yang dibutuhkan.
Berikut ini adalah contoh Laporan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi guru dalam membuat laporan PKB. Bagi bapak ibu yang ingin mendownload file Laporan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dalam format doc. (bukan pdf) atau Microsoft Word (Ms. Word) yang bisa diedit sesuai dengan kebutuhan bapak ibu semua, silahkan unduh pada link download yang terletak di akhir artikel ini.
===========================
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
( P K B )
NAMA:
N I P:
PANGKAT/GOL.RUANG:
JABATAN GURU:
NAMA SEKOLAH:
ALAMAT SEKOLAH:
DESA:
KECAMATAN:
KABUPATEN:
IDENTITAS GURU
Nama : ……
NIP : ……
Tempat Tanggal Lahir : ……
Jenis Kelamin : ……
Pangkat/Gol. Ruang/TMT : ……
Jenis Guru : ……
Jabatan Guru : ……
Alamat Sekolah : ……
Kecamatan …. Kabupaten ….
Propinsi ….
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Jenis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Yang sudah saya lakukan adalah :
A. Kegiatan Pengembangan Diri :
1. ……
2. ……
3. ……
4. dst. …
B. Kegiatan Publikasi Ilmiah :
1. ……
2. ……
3. ……
4. dst. …
4. dst. …
C. Kegiatan Karya Inovatif :
1. ……
2. ……
3. ……
4. dst. …
...................., …………
Penyusun/Guru Yg dinilai
…………….
NIP.
Disahkan oleh :
Kepala Sekolah, Koordinator PKB,
………………………. ………
NIP. …… NIP. ……
KATA PENGANTAR
Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang guru dan dosen mengamanatkan bahwa guru wajib meningkatkan kualifikasi akademiknya dan kompetensinya secara terus menerus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
Sejalan dengan hal tersebut menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16 tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, dimana jabatan fungsional guru saat ini menjadi jabatan ahli. Pengembangan karier guru untuk naik setingkat lebih tinggi di nsure utama disyaratkan yang merupakan kewajiban harus melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berupa kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. .Untuk memenuhi kewajiban tersebut kami telah melakukan dan mengikuti berbagai kegiatan untuk memenuhi persyaratan dan kewajiban dalam penilaian kinerja guru agar kami dapat memperoleh nilai kinerja dan angka kredit.
Demikian laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dapat kami lakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan keprofesionalan kami, semoga bermaanfaat.
...................., ……………………
Penyusun
……………………….
NIP.
DAFTAR ISI
IDENTITAS GURU
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
I. KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A. Mengikuti kegiatan ……
B. Mengikuti kegiatan ……
C. Mengikuti kegiatan ……
D. dst. ….. ( lihat contoh laporan Kegiatan Pengembangan Diri secara lengkap )
II. KEGIATAN PUBLIKASI ILMIAH
1. ……………………….
2. ……………………….
3. ……………………….
4. dst. … ( lihat contoh laporan kegiatan Publikasi ILmiah secara lengkap )
III. KEGIATAN KARYA INOVATIF
1. ……………………..
2. ……………………..
3. ……………………..
4. dst. ( lihat contoh laporan kegiatan Publikasi ILmiah secara lengkap )
PENUTUP
CONTOH LAPORAN KEGIATAN PKB
I. KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
Dalam kurun waktu Januari s.d. Desember 20…, penulis telah mengikuti 3 (tiga) Kegiatan Pengembangan Diri seperti yang terinci pada matrik sbb :
No. | Nama Kegiatan | Waktu Pelaksanaan | Penyelenggara |
1 | Kelompok Kerja Guru (KKG) | Bulan Februari s.d Desember 20.. | KKG Kec. .................... |
2. | Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka | Tanggal 27 s.d 31 Desember 20.. | Dinas Pendidikan Kab. … |
3. | Workshop Pemanfaatan IT dalam Pembelajaran | 2 Mei 20.. | LPMP Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kab. … |
4. | dst |
..........., …………
Koordinator PKB Penulis/Penyusun
…………………… ……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah
………………….
NIP.
A. LAPORAN MENGIKUTI KEGIATAN PENINGKATAN
KOMPETENSI DALAM KELOMPOK KERJA GURU
OLEH
NAMA : ………
NIP : ………
PANGKAT/GOL.RUANG : ………
JABATAN FUNGSIONAL GURU : ………
UNIT KERJA : SEKOLAH DASAR NEGERI ....................
KEC....................., KAB. …………………
A. LAPORAN MENGIKUTI KEGIATAN PENINGKATAN KOMPETENSI
DALAM KELOMPOK KERJA GURU
A. Pendahuluan
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME atas limpahan karunianya sehingga kami telah menyelesaikan kegiatan peningkatan kompetensi melalui kegiatan kerja kelompok guru.Kegiatan ini dilakukan karena kebutuhan guru untuk meningkatkan kompetensinya.Peningkatan kompetensi baru bisa terlihat setelah selesai kegiatan-kegiatan di KKG. Dalam upaya mewujudkan manusia seutuhnya, maka pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan manusia seutuhnya yang termaktub di dalam pembukaan UUD 1945. Di dalam UU RI No.20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab II Pasal 3 disebutkan bahwa, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Menghadapi pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam era globalisasi saat ini maka pendidikan Indonesia perlu segera dibenahi dengan melibatkan stakeholders dan semua pihak yang terkait dalam kemajuan pendidikan dengan menekankan dan menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, pemerataan dan perluasan peningkatan mutu pendidikan perlu menjadi prioritas demi terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan lebih produktif, kreatif, inovatif dan kontributif dalam membangun pendidikan nasional.Pada gilirannya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan tersebut diharapkan mampu mendorong terwujudnya insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif di dunia internasional.Sumber daya manusia pendidikan yang di dalamnya meliputi guru dan tenaga kependidikan lainnya merupakan bagian dari sumber daya manusia pembangunan nasional yang memiliki peran sentral dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di tanah air kita ini.Oleh karena itu, perlu pembinaan secara terus menerus.
B. Alasan Mengikuti Kegiatan Peningkatan Kompetensi di KKG
Alasan mengikuti kegiatan di KKG adalah untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan dan meningkatkan profesionalisme dan karir kami dalam pembelajaran pada umumnya dan khususnya meningkatkan :
1. Kompetensi, kreatifitas, daya inovasi, dan profesionalisme dalam pembelajaran
2. Pengetahuan atau teori tentang manajerial/supervisi kelas dalam menjalankan tugas saya secara professional
C. Pelaksanaan ( waktu, tempat, dan jadwal kegiatan )
Pelaksanaan kegiatan KKG dilakukan di sekolah SD inti. Materi yang dibahas dalam KKG meliputi :
1. Penguasaan kompetensi kepribadian yang diintegrasikan dengan pelajaran PKn. Pertemuan pertama bulan Februari 2018
2. Penguasaan kewiraswastaan yang diintegrasikan dengan pembelajaran IPS. Pertemuan kedua minggu ketiga bulan Maret 2018
3. Penguasaan kompetensi social yang diintegrasikan dengan pembelajaran IPA. Pertemuan ketiga minggu kedua bulan April 2018
4. Penguasaan manajerial yang diintegrasikan pelajaran IPS. Pertemuan keempat minggu kedua bulan Juli 2018
5. Penguasaan kompetensi akademik pelajaran di SD. Pertemuan kelima minggu kedua bulan Agustus 2018
6. Penguasaan kompetensi metodologi pembelajaran IPS. Pertemuan keenam minggu kedua bulan Oktober 2018
7. Penyusunan kisi-kisi dan soal untuk UTS. Pertemuan ketujuh minggu kedua bulan November 2018
8. Penguasaan kompetensi media pembelajaran. Pertemuan kedelapan minggu kedua Desember 2018
9. Penguasaan kompetensi life skill tentang lingkungan hidup. Pertemuan kesembilan minggu terakhir Desember 2018
A. Strategi Pelaksanaan Kegiatan di KKG
Untuk mencapai semua kompetensi yang diharapkan tersebut, kegiatan di KKG dilakukan berbagai cara baik secara teori, praktik, dan penugasan agar anggota kelompok dapat mentransfer pengetahuan dan mempraktikkannya. Oleh karena itu kegiatan di KKG banyak menekankan praktik-praktik dan penugasan-penugasan.
B. Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Manfaat yang dapat diperoleh dalam kegiatan di KKG tersebut adalah meningkatnya kompetensi saya, wawasan dan keterampilan di bidang :
a. Penguasaan kompetensi kepribadian yang diintegrasikan dengan pelajaran PKn
b. Penguasaan kewiraswastaan yang diintegrasikan dengan pembelajaran IPS.
c. Penguasaan kompetensi social yang diintegrasikan dengan pembelajaran IPA.
d. Penguasaan manajerial yang diintegrasikan pelajaran IPS.
e. Penguasaan kompetensi akademik pelajaran di SD.
f. Penguasaan kompetensi metodologi pembelajaran IPA.
g. Penyusunan kisi-kisi dan soal yang baik untuk UTS.
h. Penguasaan kompetensi media pembelajaran.
i. Penguasaan kompetensi life skill tentang lingkungan hidup.
C. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini adalah saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah saya, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
D. Penutup
Setelah saya mengikuti kegiatan di KKG tersebut, kesimpulan yang dapat saya tarik dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kompetensi saya sebagai guru dan menambah profesionalitas saya dalam melakukan tugas sehari-hari sebagai pendidik.Selain itu dalam pemberdayaan KKG memang sangat penting Karen KKG merupakan wadah untuk menambah dan meningkatkan profesionalitas guru.
B. LAPORAN MENGIKUTI BIMTEK PENDIDIKAN
KARAKTER BANGSA
OLEH
NAMA : ..................
NIP : ………
PANGKAT/GOL.RUANG : ………
JABATAN FUNGSIONAL GURU: ………
UNIT KERJA : SEKOLAH DASAR NEGERI ......
KEC..........., KAB. ………
B. LAPORAN MENGIKUTI BIMTEK PENDIDIKAN
KARAKTER BANGSA
A. Pendahuluan
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, telah dapat menyelesaikan mengikuti Bimbingan Teknis Pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka telah dapat diselesaikan dengan baik.
Pembangunan karakter yang merupakan upaya perwujudan amanat Pancasila dan pembukaan Undang-Undang 1945 dilatari oleh realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini.Seperti disoremtasi dan belum dihayati nilai-nilai Pancasila. Bergesernya nilai etika dalam kehidupan bangsa dan bernegara memudarkan kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa, untuk mendukung terwujudnya cita-cita pembangunan karakter bangsa sebagaimana diamantkan dalam Pancasila dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 serta untuk mengatasi permasalahan kebangsaan saat ini, pemerintah telah menggalakkan bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan dimaksud, dan program ini merupakan program prioritas pembangunan nasional.
B. Alasan Mengikuti Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa
Kami mengikuti bimbingan teknis karakter bangsa ini melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan adalah untuk meningkatkan kompetensi saya mengenai pendidikan karakter bangsa yang diimplementasikan dalam kegiatan kepramukaan di sekolah.
C. Pelaksanaan Bimbingan Karakter Bangsa
Sebelum acara bimbingan teknis dimulai panitia telah menyiapkan soal untuk tes yang akan diujikan bagi peserta dengan materi tentang kompetensi pendidikan karakter bangsa demikian pula pada akhir bimtek panitia juga menyiapkan tes untuk peserta. Tujuan tes akhir ini adalah untuk melihat kembali secara mendalam kemampuan peserta setelah mengikuti bimtek tersebut sejauh mana penambahan kompetensi para peserta dalam memahami materi yang telah diserikan selama ini.Melalui tes akhir dapat diketahui gambaran penambahan kompetensinya dalam memahami pendidikan karakter bangsa.
D. Tempat dan Waktu
Kegiatan bimbingan teknis tentang pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstakurikuler pramuka dilaksanakan pada :
Hari :
Tanggal :
Tempat :
Dalam kegiatan bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa sarana prasarana yang digunakan meliputi : peralatan infocus, laptop, perlengkapan out bond, lapangan untuk olahraga, perlengkapan untuk perkemahan dll.
E. Materi dalam Bimbingan Teknis
1. Acara pembukaan dilanjutkan kebijakan tentang pendidikan karakter bangsa melaui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan.
2. Dinamika kelompok dilakukan 2 jam.
3. Orientasi kegiatan selama 1 jam.
4. Kebijakan pendidikan karakter bangsa 2 jam
5. Pendidikan kepramukaan 2 jam.
6. Pola pendidikan karakter bangsa 2 jam.
7. Organisasi dan administrasi gugus depan 2 jam.
8. Cara mendidik anak dengan menggunakan PDKMK dan system among 4 jam.
9. Memahami peserta didik siaga dan penggalang serta kebutuhannya 2 jam.
10. Menciptakan permainan berbasis karakter bangsa 3 jam.
11. Api unggun sebagai alat pendidik 2 jam
12. Permaianan sebagai alat pendidik dan contohnya 4 jam.
13. Praktik/simulasi contoh-contoh permainan berbasis karakter bangsa 8 jam.
F. Narasumber
Narasumber bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa terdiri dari :
1. Unsur dinas pendidikan kab/kota
2. Unsur pusdiklatcab gerakan pramuka
3. Pengawas sekolah
G. Peserta Bimbingan Teknis
Peserta bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler pada kegiatan kepramukaan guru pada jenjang pendidikan dasar dan mayoritas pembina pramuka dan pembina muda atau pendega dari berbagai gugus depan dengan jumlah sekitar 47 orang.
H. Strategi Kegiatan
Strategi kegiatan dalam bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa dilakukan dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut :
a. Menciptakan suasana belajar sesuai dengan topic sajian.
b. Memberikan petunjuk pembelajaran.
c. Sharing atas temuan yang ada.
d. Penyimpulan.
e. Dengan pendekatan tersebut dapat disimpulkan untuk teori 30%, praktik termasuk pemberian tugas 70%.
I. Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang diperoleh dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini adalah sebagai berikut :
a. Manfaat yang saya peroleh dalam mengikuti bimbingan teknis pendidik karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan adalah bertambahnya pengetahuan, wawasan, keterampilan tentang karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di sekolah, selain itu juga saya lebih memahami pentingnya pelaksanaan dalam membina/menanamkan karakter pada anak didik melalui kegiatan pramuka di sekolah.
b. Setelah saya mengikuti kegiatan ini kompetensi saya menjadi meningkat, sehingga dalam melaksanakan pembinaan dan menanamkan nilai karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di sekolah menjadi terarah.
J. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini adalah saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah saya, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
K. Dampak Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah saya mengikuti kegiatan bimbingan ini saya terampakan cara/metode/strategi yang saya peroleh pada kegiatan di gugus kami nampaknya anak-anak menjadi aktif.
Hal ini nampak dengan jelas kegiatan ekstakurikuler melalui kegiatan kepramukaan di sekolah saya anak-anak lebih senang, menjadi serius dan sangat aktif kembali. Dampak dari kegiatan kepramukaan anak didik kami menjadi disiplin, sikap perilakunya menjadi baik, saling menghargai sesame teman, saling membantu sesame teman dan kerja sama menjadi meningkat.
L. Kesimpulan
Penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstakurikuler kepramukaan ini bagi saya/guru sangat membantu guru pembimbing kepramukaan di sekolah dalam menanamkan nilai-nilai budi pekerti dengan tepat.
Harapan saya bimbingan semacam ini hendaknya diprogramkan secara terus-menerus agar para pendidik kompetensinya, wawasan, keterampilan meningkat.
C. LAPORAN MENGIKUTI WORKSHOP
PEMANFAATAN IT DALAM PEMBELAJARAN
OLEH
NAMA : ..................
NIP : ………
PANGKAT/GOL.RUANG : ………
JABATAN FUNGSIONAL GURU: ………
UNIT KERJA : SEKOLAH DASAR NEGERI ......
KEC..........., KAB. ………
C. LAPORAN MENGIKUTI WORKSHOP PEMANFAATAN IT
DALAM PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sejalan dengan itu guru menunjang peran utama dalam rangka untuk mewujudkan tujuan pendidik nasional yang berkualitas.Berkenaan dengan hal tersebut, guru dalam menjalankan tugas utama harus memiliki kompetensi pedagogic, kepribadian, social, dan professional (akademik) yang dipersyaratkan pada era globalisasi menuntut sumber daya manusia yang bermutu tinggi dan siap berpartisipasi baik pada tatanan nasional, regional maupun internasional. Seminar tentang pemanfaatan IT dalam pembelajaran bertujuan antara lain untuk memotivasi dan meningkatkan profesionalisme guru yang diharapkan akan berpengaruh positif pada kinerjanya dan prestasi kerja guru. Prestasi kerja guru ini akan terlihat kualitas lulusan satuan pendidikan sebagai sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan kompetitif.
B. Alasan Mengikuti Seminar/Workshop
Saya mengikuti workshop yang berkaitan dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran adalah untuk menambah wawasan, keterampilan, pengetahuan, dan juga untuk meningkatkan kompetensi saya khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran untuk menunjang tugas sehari-hari sebagai guru.
C. Pelaksanaan
Sebelum acara workshop dilaksanakan, panitia penyelenggara menyiapkan dan membagi bahan/materi yang berkaitan dengan workshop tersebut.Tepat pada waktunya workshop dibuka sekitar pukul Sembilan, acara diawali dengan sambutan/laporan panitia kemudian dibuka oleh ketua panitia penyelenggara.Setelah dibuka, lalu dilakukan pembahasan materi yang berkaitan dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran yang berkaitan dengan tugas-tugas guru di sekolah.Kemudian dilanjutkan dengan diskusi Tanya jawab.Waktu dan tempat penyelenggaraan workshop tentang pemanfaatan IT pembelajaran tersebut diselenggarakan pada tanggal 2 Mei 2012. Bertempat di lembaga penjaminan mutu pendidikan(LPMP). Adapun penyelenggara kegiatan ini dilakukan oleh LPMP bekerja sama dengan kabupaten/kota setempat.
D. Strategi Pelaksanaan
Strategi yang digunakan dalam workshop ini agar peserta dapat meningkatkan kompetensi yang berkaitan dengan IT dilakukan dengan pendekatan ceramah dilengkapi dengan contoh-contoh, Tanya jawab, diskusi, dan latihan-latihan.
E. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini adalah saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah saya, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
F. Manfaat
Manfaat yang saya peroleh dalam mengikuti workshop ini adalah pengetahuan saya bertambah banyak khususnya terkait dengan IT dalam pembelajaran sehingga saya lebih terampil menggunakan IT dalam melaksanakan tugas saya sebagai guru dalam memberikan materi, selain itu juga saya tidak ketinggalan dengan teman-teman saya dalam bidang penggunaan IT dalam pembelajaran.Di balik itu juga anak didik saya tambah senang dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran, dan anak didik saya lebih cepat memahami materi yang saya berikan. Dengan mengikuti workshop tersebut berarti dapat menambah profesionalitas saya dan akhirnya saya dapat memberikan pelayanan pendidikan pada anak didik syaa dengan dengan lebih baik dan bermutu.
G. Penutup
Workshop pemanfaatan IT dalam pembelajaran ini sangat baik dan perlu dilaksanakan secara terus menerus karena manfaatnya banyak sekali bagi guru-guru.Hal ini terbukti pada diri saya sendiri, setelah mengikuti workshop ini banyak sekali tambahan ilmu di dalam pemanfaatan IT dalam pembelajaran. Workshop pemanfaatan IT yang diselenggarakan oleh LPMP bekerja sama dengan Dinas Pendidikan sangat bagus dan berjalan sesuai jadwal, demikian pula dengan materi dan nara sumbernya sangat berkualitas dan focus pada permasalahan, mudah-mudahan workshop seperti ini dilaksanakan secara terus- menerus dan berkelanjutan.
PENUTUP
Pengembangan keprofesionalitas guru merupakan tuntutan dalam memberikan pelayanan di bidang pendidikan. Sejalan dengan itu saya akan selalu meningkatkan kompetensi melalui berbagai kegiatan yang relevan dengan tugas saya sehari-hari. Kegiatan –kegiatan yang saya ikuti adalah kegiatan bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan, workshop tenatang IT dalam pembelajaran dan peningkatan kompetensi melalui wadah kelompok kerja guru.
Banyak manfaat yang diperoleh mengikuti pengembangan diri, karena dalam kegiatan pengembangan diri tersebut banyak hal-hal yang baru yang belum saya dapat, sehingga dengan mengikuti kegiatan tersebut pengetahuan, wawasan dan keterampilan dapat saya peroleh.
================